Thursday, July 12, 2018

Tata Cara Bayar Pajak dan Perpanjangan Plat Di Samsat Bondowoso


Map Registrasi BPKB Kendaraan Bermotor

Sang Bujana - Hai Sobat Sang Bujana, Hari ini saya sedang melakukan pembayaran Pajak dan Perpanjangan TNKB (5 tahunan) kendaraan bermotor di Samsat kabupaten Bondowoso. Samsat Bondowoso beralamatkan di jalan A Yani selatan kantor Kejaksaan Tinggi Negeri Bondowoso.

Adapun jam pelayanan mulai dari :
Hari senin - jumat : jam 08.00 - 14.00 wib
Hari sabtu : jam 08.00 - 12.00 wib

Sempat bingung sih, karena di Samsat Bondowoso tidak diberikan atau tertera urutan bagaimana cara kita melakukan perpanjangan TNKB/Plat nomer kendaraan.

So disini saya coba berikan gambaran bagaimana proses yang saya lalui ketika tadi melakukan proses perpanjangan plat kendaraan di samsat Bondowoso. Yuk mari disimak :

Sebelum menuju samsat Bondowoso untuk melakukan Perpanjangan Plat kendaraan ada baiknya disiapkan hal-hal berikut :
1. KTP asli sesuai nama yang tertera di stnk,
2. STNK asli yang akan diperpanjang,
3. BPKB asli sesuai stnk dan kendaraan
4. Kendaraan yang akan di perpanjang.

Cusss ke samsat Bondowoso....

Setelah sampai, masuk dari pintu sebelah selatan, lalu langsung berbelok ke kanan menuju parkir bagian belakang (untuk sepeda motor, untuk mobil di bagian samping utara kantor samsat).

Setelah sampai ke tempat parkir, carilah petugas gesek no rangka dan no mesin, minta untuk gesek no rangka dan no mesin kendaraan kita.

Petugas gesek no rangka dan no mesin.

Setelah nomer rangka dan nomer mesin digesek, proses dimulai dari sini. Berikut prosesnya :

1. Setelah dapat kertas kuning yang sudah digesek noka dan nosin kita menuju ruang gudang arsip untuk mengambil berkas. Diruang ini kita diminta menunjukkan STNK dan menunggu berkas diambil.

Gudang arsip, letaknya di selatan parkir.
Setelah menunggu sekitar 10 menit, kita akan dipanggil petugas untuk mengambil berkas yang dimaksud. Sebelum berkas kendaraan diberikan kita di minta menyerahkan biaya gak tau untuk apa sebesar Rp. 10.000,- (tanpa nota/bukti pembayaran).

Berkas dari ruang arsip beserta isinya.

Setelah kita membayar, dan berkas diberikan, kita diarahkan keruang cek fisik dengan membawa berkas.

2. Lanjut menuju ruang cek fisik, kita diminta menyerahkan berkas dari ruang arsip, ktp asli, stnk asli, bpkb asli lewat loket yang tersedia. 
Loket Cek Fisik sebelah barat tempat parkir sepeda motor.

Selang 10 menit menunggu, nama yang tertera di stnk dipanggil oleh petugas dari ruang loket. Sambil menyerahkan berkas yang sudah di stempel oleh petugas, disini kita membayar sejumlah Rp. 35.000,- untuk administrasi (tanpa nota/bukti pembayaran).

Lanjut diarahkan ke ruang validasi BPKB

3. Setelah dari ruang cek fisik, kita menuju ruang validasi BPKB. Bagi yang melakukan proses perpanjangan, kita menyerahkan seluruh arsip dari ruang cek fisik ke petugas loket di ruang validasi yang letaknya di sebelah utara ruang arsip (cek poin ke 1).

Kondisi dalam ruangan bagian validasi BPKB. Pintu tertutup rapat karena ruangan ber AC jadi langsung masuk saja.
Setelah kita menyerahkan berkas dan sambil menunggu antrian, kita dapat membaca informasi seputar kegiatan samsat yang ada di dinding2 ruangan ini. Salah satunya adalah biaya-biaya dan prosedur2 lainnya terkait samsat.

Adapun biaya yang sempat saya baca adalah biaya cetak BPKB terkait mutasi dan ganti nama. Biaya yang tertera adalah Rp. 225.000,-

Setelah 15 menit duduk mengantri, nama sesuai stnk dipanggil (tanpa ada biaya administrasi karena tidak ada perubahan di BPKB). Serta selanjutnya diarahkan ke ruang bagian depan kantor samsat Bondowoso.

4. Setelah sampai di ruang depan samsat, pintu masuk terletak si sebelah selatan. Ketika masuk kita langsung ke loket pendaftaran, kita menyerahkan semua berkas dari ruang Validasi. Sampai disini, kita bisa tersenyum karena disambut oleh ibu - ibu petugas yang sangat ramah dan murah senyum. Sembari berkas kita serahkan, kita diminta untuk duduk di kursi untuk menunggu panggilan selanjutnya. Saya sarankan untuk duduk di bagian tengah kursi tunggu agar tidak terganggu saat nama kita dipanggil.

Loket I bagian Pendaftaran. (Loket paling selatan)

Sambil menunggu panggilan kita dapat membaca informasi disekeliling ruangan tentang informasi terkait pelayanan samsat.
Durasi waktu pelayanan 

Salah satu informasi yang saya dapat, adalah Estimasi pelayanan terkait proses perpanjangan stnk dll. Kebetulan saya mencoba untuk mencocokkan waktu pelayanan dan estimasi yang diperkirakan. Di papan pemberitahuan tertulis durasi untuk cetak 5 tahun adalah 15 menit, namun sampai saya selesai dan menerima bukti pajak baru, bukan 15 menit, tapi sekitar 45 menit. Mungkin karena ramai pada hari ini sehingga waktu pelayanan molor. Untung ada fasilitas TV yang menghilangkan rasa jenuh ketika menunggu serta ruangan yang ber-AC.

Setelah menunggu, giliran saya dipanggil menuju loket kasir. Di loket kasir ini kita diminta membayar sesuai tagihan pajak kendaraan kita ditambah biaya parkir berlangganan yakni :

a. Rp. 20.000,- untuk kendaraan roda 2
b. Rp. 40.000,- untuk kendaraan roda 4

Loket II Pembayaran letaknya di bagian tengah.

Setelah kita membayar biaya administrasi yang sudah ditentukan, tiba saatnya kita menunggu antrian pengambilan surat-surat kendaraan kita. Lebih tepatnya loket paling utara (pojok kanan red). Pastikan bahwa kita telah menerima ktp asli, stnk asli dan faktur pajak terbaru, serta BPKB asli yang kita bawa sedari awal. Lanjut ke tahapan terakhir....

5. Pada tahap akhir ini, setelah sobat Sang Bujana mendapatkan berkas awal dengan lengkap, sobat bisa langsung menuju loket pencetakan plat nomer. Loket ini letaknya di bagian belakang kantor samsat Bondowoso/sebelah barat loket validasi BPKB.

Cukup dengan menunjukkan STNK terbaru, kepada petugas cetak plat nomor, nomor kita akan dicetak langsung. Estimasi cetak plat nomer kurang lebih 1 menit. Eiiiitsss... Jangan terburu-buru ketika plat sudah dicetak dan ditaruh di mulut loket, cukup kita meminta kembali lembar STNK kita, dan menyimpannya kembali dalam tas atau dompet, selanjutnya sembari menunggu lapisan cat pada plat mengering. Ya kurang lebih sekitar 2 menit. Bisa kita angin-anginkan atau dijemur di depan loket hingga kering. Diloket ini tidak ada biaya yang harus kita keluarkan alias free.

Setelah itu kita dapat kembali kerumah atau tempat kerja masing-masing melanjutkan aktifitas harian kita. Bagaimana sobat Sang Bujana, apakah sudah cukup menjawab rasa penasaran kita??? Cukup mudah bukan???

tags: kantor samsat, kantor samsat bondowoso, pelayanan samsat bondowoso, tata cara ke samsat bondowoso, pelayanan perpanjangan pajak, pelayanan bayar pajak tahunan, pelayanan pajak 5 tahunan, pelayanan mutasi kendaraan, mutasi dan balik nama kendaraan, mutasi kendaraan roda dua, mutasi kendaraan roda empat, balik nama kendaraan roda dua, balik nama kendaraan roda empat, cek fisik kendaraan roda dua, cek fisik kendaraan roda empat, cek fisik kendaraan di samsat, cek fisik, cek fisik kantor, proses cek fisik, cek fisik nomer rangka, cek fisik nomer mesin, gesek nomer rangka kendaraan, gesek nomer mesin kendaraan, ruang arsip, ruang arsip samsat, waktu tunggu ruang arsip, letak ruang arsip, berkas ruang arsip, validasi bpkb, validasi kendaraan roda dua, validasi kendaraan roda empat, loket pendaftara, loket pengesahan, loket kasir, loket penyerahan, loket penyerahan berkas, loket penyerahan berkas samsat bondowoso, loket cetak plat, loket cetak plat samsat bondowoso, letak loket cetak plat samsat bondowoso, pelayanan dan pengaduan samsat bondowoso, ruang tunggu samsat bondowoso, jam operasional samsat bondowoso.

Menambah wawasan, mencerdaskan kehidupan bangsa.


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.